Pada Hamster Campbell ada yang berwarna putih polos. Baik yang mutasi seperti Albino ataupun karena corak dan warna yang termodifikasi seperti REW dan BEW.
Kita tau bahwa mengawinkan dua ekor Platinum beresiko menghadirkan efek lethal pada anak2nya, dimana anak2nya bisa terlahir cacat, kerdil atau mempunyai mata yang tidak simetris. REW dan BEW termasuk Platinum.


Tapi bukan hanya ini masalahnya. Berhubung warna Campbell ini putih polos (all body white), kita harus menyadari bahwa bisa jadi ada corak yang tersembunyi pada hamster ini.

Kita ambil contoh Albino (cc) yang mempunyai pattern self colour yakni  dengan warna solid seluruh badan dan merupakan hamster dengan mutasi sempurna dari Campbell Normal (A) yang mempunyai pattern agouti. Albino mempunyai warna putih pada seluruh tubuh dengan mata merah. Masalah akan timbul jika ternyata Albino tersebut adalah Mottled Albino.

      
            Campbell Normal                                            Campbell Albino

Apa sih mottled itu? Bercak putih atau blocking berwarna putih pada tubuh hamster dengan kuantitas yang berbeda2. Bisa sedikit, bisa pula banyak :D Malah ada yang hanya menyisakan sedikit tanda dari warna dasar hamster.
"Mottled
Generally patches of white hairs interspersed with patches of colored hairs
often in a spotting pattern.
The spots range from very small to very large, and some hamsters are mostly white with a few spots while others are mostly colored with a few white spots, and some show no visible spots at all." -Linda Price

So, jika Mottled Albino maka definisinya adalah hamster berwarna putih dengan bercak putih (baik sedikit atau banyak) hehehehe..
"lha, jadi kaya gimana dong warnanya?" -- ya tetep putih polos >.<

Nah hal tersebut juga bisa dijadikan dasar untuk menepis anggapan salah kaprah selama ini bahwa Albino itu bisa dijadikan "bahan dasar" mencetak Mottled. Karena menurut pengalaman masa lalu beberapa teman2 yang mengawinkan Albino dengan Black maka akan menghasilkan Mottled Black. Malah ada yang meyakini bahwa Mottled itu berasal dari Albino.. wew @.@

Albino dengan sifat gen resesif dan berkode (cc) bisa berubah menjadi Mottled yang bersifat dominan dan berkode (Mo/Mi) itu merupakan hal yang luar biasa :)
Pengalaman tanpa pengetahuan yang memadai akan menghasilkan kesimpulan yang keliru bahkan cenderung menyesatkan.

Bisakah REW atau BEW menyamarkan corak Mottled? ya bisa. Kondisinya akan sama seperti Mottled Albino tadi, yakni tetap berwarna putih polos.

        BEW (Black Eyed White)

Bagaimana dengan Albino Platinum? Platinum adalah corak putih pada punggung yang bercampur dengan warna dasar. Pada tahap ekstrim jika bercampur dengan gen dilute maka akan menghasilkan warna putih menyeluruh.
"Platinum
White hairs intermixed with colored hairs.
The quantity of white hairs ranges from virtually no white hairs to entirely white animals often referred to as dilute platinums." -Linda Price
Jadi Albino Platinum itu adalah hamster putih polos dengan corak putih.  Jadi sama aja kaya Mottled Albino, warnanya tetap putih polos :)

Karena corak Mottled dan Platinum tersamar (masking) oleh warna putih polos pada Albino, maka sangat beresiko jika kita mengawinkan Albino dengan hamster bercorak Platinum atau dengan hamster dengan corak Mottled. Begitu pula dengan Albino dengan Albino atau Albino dengan REW atau BEW. 
Karena banyak kasus berupa keluhan dari teman2 ketika mengawinkan Albino-nya dengan Mottled atau dengan Platinum menghasilkan anakan yang berwarna putih polos dengan kondisi eyeless, kerdil atau lemah fisik.


Sebenarnya hal ini sudah lama menjadi topik pada California Hamster Association. Pada situsnya mereka mengatakan:
"Some colors “hide” or “mask” other colors or patterns.  Let’s take a common example.  There is an Albino Campbells.  The Albino lacks all pigment.  What if one parent of the Albino was a Mottled but carried Albino while the other parent was an Albino?  You would expect to get some babies who appeared to be Albino but were genetically also Mottled............. Thus, you would never want to breed an Albino from one of these litters to a Mottled or you would be creating the exact scenario above of breeding a Mottled to a Mottled.  You would expect 25% of the babies to be eyeless, toothless white babies who would die."


Singkatnya, jika ternyata Mottled Albino (dimana hanya terlihat sebagai Albino biasa) dikawinkan dengan Mottled lain, maka terjadilah perkawinan Mottled x Mottled yang jika ternyata membawa gen lethal (Mi) akan menghasilkan 25% bayi dengan kondisi cacat seperti eyeless atau toothless.

Jadi, apa yang harus kita lakukan?


- Hindari mengawinkan hamster Albino dengan Mottled
 karena kita tidak bisa tau apakah Albino tersebut Mottled atau tidak. Jika memang tidak, maka resiko menghasilkan anakan Mottled Albino akan terjadi.

- Hindari mengawinkan Albino dengan Platinum

- Hindari mengawinkan Campbell putih polos dengan Campbell putih polos bisa memunculkan skenario:
  - Mottled Albino x Mottled Albino
  - Albino Platinum x Albino Platinum
  - Albino Platinum x REW/BEW
  - Mottled REW/BEW x Mottled Albino
  - Mottled REW/BEW x Mottled Albino Platinum

Karena jika hal tersebut terjadi akan menghasilkan 25% anakan dengan kondisi kerdil, cacat fisik, tidak memiliki mata, tidak memiliki gigi bahkan tidak pernah terlahirkan (terserap kembali dalam rahim)

1 Comment:

  1. jadi hamster Albino sebaik nya dikawinkan dengan hamster jenis apa gan agar hasilnya tidak cacat ?

    ReplyDelete

 
Top