Mungkin temen2 banyak yang bertanya, apa sih bedanya Campbell sama Winter White? Winter White yang kaya gimana sih? Campbell yang kaya gimana sih? Mungkin tulisan ini bisa sedikit membantu teman2 untuk mengidentifikasi mana yang Campbell, mana yang Winter White ^_^


Garis Pungggung/Dorsal,

Perbedaan terbesar dari keduanya yang paling gampang / kentara dilihat adalah garis punggungnya. Winter White memiliki dorsal yang sangat tebal, Campbell memiliki dorsal yang tipis. Dorsal Winter White. Dorsal Winter White dibagian kepala dan leher biasanya lebih tebal, sedangkan dorsal Campbell lurus dari hidung sampai ekor, sedikit tebal pada bagian kepala Cuma ga setebal Winter White.
Sayangnya perbedaan ini ga selalu terlihat jika kedua jenis ini sudah disilangkan (hybrid) secara sengaja atau tidak disengaja. Hybrid biasanya memiliki dorsal yang tebal seperti Winter White.

 
                    Campbell                                           Winter White                                           
Warna
Warna alami Witer White lebih gelap, Abu2 cokelat  gelap dan dasarnya lebih abu2 kebiruan.
Campbell lebih cerah warnanya dan lebih abu2 kecokelatan terang
 


Tiga lengkungan dipinggir / The three arch
Pada Winter White, garis lengkungan ini berwarna cokelat/warna lebih terlihat. Sedangkna pada Campbell lebih tidak kentara garisnya dan lebih terlihat berwarna samar2 kekuningan.


                   Campbell                                           Winter White    


Bentuk
Kalau dilihat dari atas, Winter White kelihatan seperti bentuk telur (kecil diatas kemudian melebar di bawah). Campbell beda lagi,, bahunya lebih lebar kemudian mengecil di tengah. Kalau dari atas terlihat seperti angka 8 ^_^
Campbell terlihat lebih kekar daripada Winter White.



Bulu / Rambut
Winter White mempunyai bulu yang lebih tebal, bulunya lebih rapat. Campbell bulunya lebih panjang dan tidak serapat  Winter White. Winter White memiliki “Winter Coat” dimana warnanya bisa bervariasi dari abu2 muda, bercak2 putih sampai hamper putih. Campbell tidak memiliki “Winter Coat”.

Kepala
Kepala Winter White lebih lebar dan pendek, Campbell memiliki kepala lebih seperti bentuk segitiga.

Bentuk Hidung
Hidung Campbell lebih besar dan terlihat seperti 2 buah jendolan yang terpisah ^_^




                     Campbell                                           Winter White    

Perhatikan beda jarak mata, bentuk telinga dan bentuk hidung mereka

Bentuk Telinga
Telinga Winter White lebih kecil dan sering terlipat. Malah bisa terlipat salah satu telinganya saja. Pada Campbell telinganya lebih lebar dan besar dan hanya sedikit terlipat. Telinganya selalu tegak.

Panjang Ekor
Ekor  Campbell lebih panjang daripada Winter White. Winter White memiliki ekor lebih pendek dengan bulu2 yang hampir menutupi ekor.
 

                 Campbell                                           Winter White    


Bentuk Mata
Mata Campbell berbentuk oval, mereka mudah menjulingkan mata. Ketika Campbell merasa tidak nyaman, mereka akan menyipitkan matanya dan terkesan sinis. Mata Winter White terlihat lebih bulat/belo, ketika merasa tidak nyaman Winter White terkadang menyipitkan mata nyaris tertutup. Mata Campbell saling berdekatan disbanding Winter White, hal ini karena pada dasarnya hamster Campbell mempunyai musuh alami yang berbeda dengan Winter White. Musuh hamster Campbell biasanya langsung masuk ke lubang sarang mereka, oleh karena itu sifat Campbell yang lebih agresif, menyerang dan menggigit merupakan cara mengusir musuh keluar sarang. Pengelihatan Campbell ke arah depan juga lebih baik dari Winter White.
Musuh alami Winter White adalah burung hantu dan mereka menangkap mangsanya melalui pendengaran.  Oleh karena itu, pengelihatan Winter White lebih luas untuk melihat musuh2nya.

Karakter
Winter White alaminya adalah hamster yang penakut. Jika belum jinak, mereka bisa sangat ketakutan dan berteriak. Mereka tidak sering mengigit. Campbell hampir tidak pernah berteriak. Ketika hamster Campbell ketakutan, mereka lebih suka bertahan dan mengigit. Campbell lebih defensive terhadap daerahnya. Terutama betina .

Hewan yang berkelompok
Campbell lebih berkelompok disbanding Winter White. Campbell lebih mudah dikeompokan dalam satu kandang. Winter White lebih sulit karena akan berkelahi satu sama lain pada saat pada saat mereka sudah dewasa dan mencari pasangan.


Karakteristik Hybrid Winter White
Pada Winter White warnanya mungkin menjadi lebih terang seperti Campbell. Warna perut jadi benar-benar putih dengan semburat abu2. Bulunya tidak serapat biasanya dan permukaan kulit mudah terlihat. Matanya tidak bulat seperti biasanya, karena Campbell bisa menyipitkan mata pada saat tidak nyaman, padahal Winter White yang asli ga bisa. Bulu jadi sedikit lebih panjang dan tidak rapat. Ekor bisa menjadi lebih panjang seperti Campbell. Sifat Hybrid Winter White dapat menjadi agresif. Betinanya bahkan sudah memiliki sifat agresif dari kecil.
 
Telinga yang besar dan tegak terbuka juga mata yang sinis khas Campbell

Dorsal yang tipis seperti dorsal Campbell


Karakteristik Hybrid Campbell
Mengenali hamster Hybrid Campbell lebih sulit dibanding Hybrid Winter White. Biasanya anakan Hybrid ini adalah f1 dari silangan paksa Winter White x Campbell. Warnanya berbeda dari Campbell Normal murni, dan garis dorsalnya menjadi lebih tebal, begitu pula pada keturunannya nanti (jika dikawinkan dengan Campbell lain).
Selain itu Hybrid Campbell memiliki garis dorsal yang tebal dibagian kepala seperti Winter White. Memiliki mata yang besar, telinga yang kecil juga merupakan salah satu ciri Hybrid Campbell. Bulunya juga lebih pendek dan rapat seperti hamster Winter White.
 
Dorsal yang tebal, mata yang bulat, telinga lebih kecil

Warna yang terlihat seperti "kotor"

Peringatan 
Sekali Hybrid, akan selamanya Hybrid walaupun teman2 mencoba mengawinkannya dengan hamster murni, keturunannya akan Hybrid.Sama seperti segelas air murni yang dituang sirup/sirop/orson, walaupun ditambah lagi dengan air maka akan tetap menjadi sirup.

0 Comment:

Post a Comment

 
Top