Perkenalkan, namaku Pudding. Tapi kalian bisa juga menyebut aku dengan sejuta nama lain: Mandarin, Orange WW, Orange Yellow, Sunfire WW, Yellow Blue, Cinnamon WW, Yellow Pudding, Blue Pudding, Pearl Mandarin, Pearl Orange, Pearl Pudding, Golden fox, mandarin pearl, Silver fox, Camel, dan mungkin masih akan lebih banyak lagi nama "klonenganku" (piss Om Mr, Mbak Nur, and Om Ito atas penggunakan kata ini)


Sebagian dari temen-teman di sini pasti sudah bisa menebak hamster apa yang gw maksud. Tp biar lebih jelas, itu adalah hamster yang kita kenal di Indonesia sebagai Golden, baik itu Golden Mata Hitam maupun mata merah, serta apa yang kita kenal sebagai PGK, baik itu PGK RE maupun PGK BE...

Dalam sebuah diskusi di salah satu forum di Singapura, gw menemukan istilah baru yang lagi gencar-gencarnya dipromosikan. Nama hamsternya: Yellow Blue, terkadang dijual dengan nama Yellow Pudding dan Blue Pudding.

Pas lihat foto-fotonya dengan mata siwer ini, "lah, ini mah yg kita kenal dengan Violet???"

Tapi pas diskusi berlanjut dan menelusur lebih jauh ke dalam (gak sampe tai-tainya sih... piss ah), ternyata mirip-mirip juga sama apa yang kita sebut Golden downgrade abissss! Warna goldennya dah jadi mirip blue, mata item, dan beberapa terlihat seperti Blue Argente (istilah di Indonesia juga) yang "full blue", tetapi dengan mata hitam.

ini yg diberi nama Yellow Blue...

Seorang Mastah asal Singapura lantas membagi resepnya. Kata dia:

- Orange pudding x  orange pudding = orange pudding, sapphire, Agouti
Catatan: kata dia, gen pudding itu dominan, susah hamil kalo sama-sama pudding, dan tidak disarankan kawinin pudding sama pudding.  sapphire + winter white

- Orange pudding x Agouti = Orange pudding (100% warna akan donwgrade), sapphire, Agouti (tp akan kekuningan)

- Orange pudding x Sapphire = orange pudding (wrn kuning bisa bertahan), sapphire, Agouti

- Orange pudding x pearl = sapphire, Agouti, Pearl, orange pudding, yellow pudding (atau Pearl Pudding, atau PGK BE)

- Yellow pudding x yellow pudding = Yellow pudding, sapphire, Agouti, pearl, orange pudding.

- Yellow pudding x sapphire = yellow pudding (wrn bis downgrade), sapphire, Agouti, orange pudding (wrn sdkt downgrade)

- Yellow pudding x  winter white = yellow pudding (wrn bisa gak downgrade), agouti, orange pudding,  pearl

- Yellow pudding x pearl white = yellow pudding, orange pudding, sapphire, agouti

- Yellow pudding x orange pudding = yellow pudding, orange pudding, sapphire, Agouti, pearl
  - Yellow blue + yellow blue = yellow blue (yellow blue bukan gen dominan)


Nih mastah brengsek juga, bagi resep tp tetep merahasiakan dr mana dpt Yellow Blue? Terus terang ane pusiiiinnnggg!!! Bukan krn gak dibagi resep, tp ngeliat sebegitu jauhnya hibridisasi, dan perkembangan di luar. Makin kuat niat gw untuk tidak dulu menyentuh pelajaran ttg WW/Hibrid (apalagi Syria) sblm perkembangan dan pelajaran soal Campbell selesai, minimal katam bacaan.

Toh, gw penasaran juga utk menelisik lebih jauh. Ujung-ujungnya, diskusi ini ternyata masih saja soal perdebatan keras soal asal usul Golden. Masih soal apakah Golden itu murni spesies atau hibrid?

Tulisan ini mencoba merangkum berbagai diskusi aktual yg terjadi di beberapa forum. Ada forum berbasis di Singapura, Inggris, AS, dan juga Belanda. Ada Singapore Hamsters Club, SGPet Forums, Hamster Hide Out, Mad About, dll).

 Ini beberapa kutipannya:

"Warna pudding (GBE) sudah dikenal lama, tapi sampai skrg belum diakui sebagai warna dasar. Warna ini sangat terang saat masih bayi tp memudar ketika bertambah usia. Saat ini terjadi dua variasi mutasi, yaitu Yellow Blue and Pearl Puddings."

Yg dimaksd Yellow Blue itu adalah Golden yang dorsal, dan warnanya jadi lebih biru, mirip Blue Fawn di Campbell. Sementara Pearl Pudding, yg dimaksud adalah PGK BE.

"Halo bro..., yellow blue itu sangat berbeda warna dengan mandarins/puddings. Yellow Blue itu lebih kirip brown/mushroom (Violet), dan memang hibrid juga. Di sini (Singapura) ada yang menyamakan Yellow blue dengan pudding, padahal sebetulnya bukan pudding yang murni, tp semacam mutasi dari pudding murni dengan penamaan yang mirip"


Yg kawan satu ini maksud "pudding murni" adalah GBE yang dia yakini merupakan mutasi WW, bukan hibrid. Do'i lantas menceritakan kisah lama (yg juga pernah kita tulis di HFG).

Konon, Pudding atau Mandarin (atau GBE) muncul pertama kali di Belanda. Mereka menyebutnya mutasi dari WW. Penampakannya "brownish with dark eyes" atau kecoklatan. Breeder Belanda ini lantas mengikat kontrak eksklusif dengan supplier di Far East (maksudnya Asia). Ini kemudian membuat Mandarin sangat umum di Jepang, sementara di Belanda jadi langka.

Pada saat itu, National Hamster Club di AS, dan klub besar di Inggris dan AS lainnya, tidak mau mengakui dan tetap yakin bahwa itu adalah hibridisasi, bukan mutasi.

Walhasil, breeder Belanda ini putus hubungan dengan suppliernya di Jepang. Panik karena overpopulasi, breeder ini lantas ngobral habis stok hamster mereka ke pasar-pasar di Belanda (padahal sebelumnya, pasar Belanda nyaris putus asa untuk memperoleh Mandarin, krn sang breeder terikat kontrak eksklusif dengan supplier Jepang)

Singkat cerita, Mandarin pun tersebar luas di Eropa, AS, dan Asia sendiri. Banyak yang melakukan penyilangan, baik dengan WW murni, maupun dengan hibrid lain yg lebih dulu muncul (termasuk dgn GRE, hasil silangan Campbel Argente dengan WW Agouti).

Belakangan, banyak breeder yang menyeleksi anakan Mandarin yg bermata merah, demi membuktikan bahwa Mandarin yang mereka punya murni hasil mutasi. Kawan kita ini meneruskan ceritanya:

"Gw kenal salah satu mastah di Inggris yg punya Mandarin pure breed mutasi. Sayangnya dia skrng dah pensiun dan galur Mandarin murninya dah gak jelas siapa yang punya. Oleh karena Mandarin yang menyebar di Inggris sekarang ini asalnya bisa dari mana saja, dan tidak jelas asal usulnya, termasuk ada silsilah mata merahnya, maka kita tetap harus menyebutnya berpotensi hibrid.. Selain itu, Mandarin juga diketahui memiliki gen yg gak stabil, kecilnya warna oranye, tapi saat dewasa berubah menghitam."

Di forum lain lagi, ada breder yg bernama Duncton pernah posting bahwa dia juga  menemukan mutasi WW menjadi Mandarin. Pendapat dia didukung bbrp member forum. Sebagian mengatakan bahwa Mandarin memang pure mutation dan gak ada hubungannya dengan Campbell Argente.

"Masalahnya kawan, sebagaimana dengan banyak spesies WW murni lainnya, Mandarin ini lantas disilnag-silang dengan hibrid, sehingga saat ini bisa saja semua Mandarin yang beredar sebetlnya sudah hibrid," kata dia, seraya menambahkan,

"Selain itu, breeders yang mencoba memurnikan Mandarin, menemukan bahwa Mandarin itu menghadapi banyak penyakit seperti Diabetes. Ini kan membuktikan bhw gak ada lagi mandarin yang pure."

Ada pula mastah luar yang mengklaim tekah menemukan bhw GBE murni tuh berkarakter dominant lethal. Kode gennya Meme, sehingga  Meme x Meme, akan ada anakan lethal, mati di perut atau tdk mamopu melewati masa sapih.

Punnetnya:


                   Me          me

Me          MeMe        Meme
             (lethal)    (Pudding)

me         Meme        meme
          (Pudding) (non pudding)

Knp di Indonesia ada GBE x GBE yg anaknya hidup semua??? Boleh jadi krn bukan Pudding murni spt yg dmaksud di atas...

Tapi mastah ini berpendapat:

"Sebetulnya gak ada gen pure pudding secara genetik. Berhubung dia homozigous lethal (lethal kalo ketemu sesama), maka tidak ada hamster pudding yg murni pudding. Perkawinan Pudding dengan pudding tidak akan ada anak yang selamat hidup. Tapi berhubung dia juga dominant, maka kalo ortunya satu pudding satunya lagi non pudding, baru akan muncul anakan pudding. Tapi anakan ini gak bisa disebut pudding murni lagi, krn sudah ada bawaan gen lain."

Sementara itu, mastah lain menegaskan bhw "Puddings change coat colour as they age because of the instability of the gene that causes the colour mutation. So far few breeders if not no one has yet managed to stabilised the gene.

 Tiba-tiba gw kepikir, apakah mungkin gen Black pada campbell juga unstable??? apakah diluted, silvering, poor quality black, termasuk dove yg muncul bercak hitamnya, semua krn gen black yg "tidak stabil"?????????

Hmmm, yg gw pahami sejauh ini (bisa aja kelak berubah pemahaman kalo ada riset yg kebih bisa dipercaya), GBE itu memang awalnya dari breeder Belanda. Beda dengan GRE, yang konon munculnya tiba-tiba aja ada di petshop, baru kemudian semua mengklaim bahwa mereka yg bikin GRE.

Itu pula sebabnya kenapa GRE tidak eksklusif, bahkan jadi hamster pinggiran kalo di luar negeri, krn lebih bnyk orang percaya, dan lebih mudah dipercaya bahwa GRE adalah hasil kawinan campbell argente x ww Agouti.

Beda dengan GBE diyakini bnyk orang luar yakin itu mmg mutasi murni. Masalahnya, GBE murni mutasi itu katanya homozigot dominant lethal. Artinya, GBE murni mutasi x GBE murni mutasi, anaknya gak bakal hidup, shg pure GBE gak bisa dibreed (ini sama dengan kasus ww imperial). Tp krn GBE murni ini juga bersifat dominant, maka bisa dipadu dengan hibrid lain untuk mencetak GBE non mutasi... inilah yg skrg banyak sekali variannya...

Di forum yang lain lagi, diskusi juga berlanjut. Tgl 7 Februari 2011, seorang mastah asal Jerman lantas angkat bicara. Dia juga blm yakin bahwa Mandarin tuh murni mutasi, tp juga gak lgsg membatu bhw itu hibrid:

"Asal muasal warna mandarin/pudding sebetulnya masih gelap. Tidak ada kepastian 100% bahwa itu adalah mutasi spontan pada WW, atau cuma warna baru hibrid. Waktu pertama muncul, semua orang lantas mencampurnya dengan segala macam hibrid, sehingga kebanyakan yang ada di kampung gw ini, di jerman ini, sebetulnya sudah hibrid, meskipun nenek moyangnya bisa aja mutasi murni dari WW."

Ia meneruskan, "Masalah utama dari warna ini adalah MAndarin sangat rawan kena obesitas, diabetes, dan masalah lambung lainnya. Maka dari itu, temen-temen Breeder gw di Jerman, dan juga Belanda, termasuk kawan gw si Martin Braak (salah satu breeder paling diakui di Belanda) skrg sudah berhenti beternak Mandarin."

 Member lain lantas bicara:

"Itulah sebabnya kenapa gw jadi penasaran dengan Mandarin. Gw skrng terus melakukan riset untuk mencatat dan mendokumentasi segala hal ttg mandarin. Gw juga sdg melakukan genetic test breeds utk memastikan apa aja sih bawaan gennya. Ini mirip dengan yg terjadi di sini soal Pied Robo (maksudnya mottled robo), di mana kita masih blm jelas darimana asal-usulnya."

Member lain, bilang:

"Makanya kunjungi situsnya si MArtin aja Bro... tanya ma doi lebih jauh ttg hal ini, atau pelajari artikelnya"

Jawabannya,

"Udeeehhh, ane udeh intip tuh situs... aje gile, bahasanye blande semua... ane pan asli betokaw, mana ngarti basa belanda? Waktu belanda jajah Indonesia, kampung ane kagak termasuk wilayah jajahan, mangkenye ane gak paham tuh bahasa, hadeuhh!"

(Kutipan yg terakhir bener terjadi, gw cm mengganti suku bangsanya aja)

0 Comment:

Post a Comment

 
Top