Di bawah ini adalah Frequently Asked Question (FAQ) seputar dunia Hamster. Kumpulan FAQ ini akan terus di-update dan diperbarui, dikoreksi, ditambah, dan disempurnakan.

1. Apa itu mutasi sel, mutasi gen, dan mutasi kromosom?

Jawab:
Mutasi gen adalah mutasi yang terjadi dalam lingkup gen sedangkan mutasi kromosom adalah mutasi yang terjadi dalam lingkup kromosom. Peristiwa yang terjadi pada mutasi gen dapat mengubah urut-urutan DNA, sementara mutasi kromosom terdiri dari perubahan struktur kromosom dan perubahan jumlah kromosom.


Terkait dunia hamster, mutasi gen tidak menghasilkan warna baru, melainkan menghasilkan spesies baru (minimal disebut hybrid kalo di hamster), karena mutasi gen dapat mengubah urut-urutan DNA.Kalo untuk menghasilkan varian warna baru, baru disebut mutasi sel dalam genotipnya atau dalam lingkup gennya.

2. Apakah Campbell putih polos mata hitam adalah dilute? Dan apakah Putih poloso mata merah selalu Albino?

Jawab:
Penamaan Campbell dilute sebetulnya kurang pas. Meskipun gen warna dilute diakui keberadaannya, namun gen warna ini tak bisa berdiri sendiri. Biasanya selalu melekat pada gen warna lain, sehingga kerap disebut "diluting genes" atau bisa diartikan membuat gen warna lain jadi memudar. Misalnya diluted black adalah black yg pudar (bukan silvering) dengan kode gen "aa_Di" Oleh sebab itu, ada sebutan diluted Normal, diluted Argente, dan seterusnya.

Campbell putih polos mata hitam, bisa jadi adalah extreme dilute platinum, atau hasil perkawinan hamster yang membawa gen platinum dan gen dilute. Dalam konteks karakter gen, hamster ini tidak resesif (padahal dlm hamster semua penampakan warna polos berkarakter resesif, kecuali carier gen mottled), melainkan dominan (krn membawa gen platinum).

Putih polos mata hitam bisa juga dia adalah ekstrem dilute normal/agouti, atau bahkan ekstrem dilute opal platinum. Untuk membuktikan bahwa hamster tersebut sebetulnya memiliki warna lain, coba silangkan dengan hamster lain yang berwarna, maka Anda akan menemukan warna aslinya.

Campbell platinum bisa (dan umumnya) membawa gen diluted. Jika hamster yang membawa gen diluted dikawinkan dengan campbell platinum, maka mereka menghasilkan apa yang dikenal dengan sebutan Black Eyed Whites (BEW) dan Pink/Red Eyed Whites (REW/PEW). Warnanya putih polos dengan mata hitam atau mata merah, Biasanya ada sedikit warna atau noda di kuping. Misalnya, jika dilute argente dikawinkan dengan platinum, maka akan muncul REW atau PEW. Dalam konteks putih polos mata merah, Red Eyed White berbeda dengan Albino, karena Albino adalah warna alam, bukan hasil silangan.

3. Apa itu Hibernasi? Apakah bisa Berlanjut pada Kematian? Apa Hubungannya dengan Suhu Ektrem?

Jawab:
Kalo Anda menemukan hamster diam tak bergerak, seolah tak bernafas, dan Anda yakin sdh mati krn kepanasan atau suhu ekstrem, bisa jadi dia mengalami hibernasi atau secara umum diartikan tidur panjang. 

Konon, hamster bisa mengalami hibernasi atau tidur pnjng seolah mati. Scra fisik, sulit dipastikan apakah dia masih hidup atau bnr2 mati. Kecuali bnr2 sdh kaku, hmstr yg hibernasi tak akan merespon jika disentuh. Nafas ttp ada tp sgt pelan, nyaris tak terasa. Fungsi metabolisme melambat dgn sngat. utk memastikan ada nafas ato nggak, taruh di telapak tngn, dan coba rasakan apakah ada dtk jntung. Kdg detak jntung pun tak terasa, tp geteran hlus disekitar mulut dan kumis setiap 5-10 detik, menandakan bhw dia msh bernafas.

Ada dua jenis hibernasi:

1. hibernasi yg direncanakan, sprt pada beruang di musim dingin.
2. hibernasi yg trjdi krn terpaksa.

Hamster yg hibernasi hrs segera dibangunkan, sebab bisa keterusan jadi mati beneran. Hibernasi pada hamster umumnya trjadi pada syirian, bukan dwarf. Tp ada jg pandangan bhw dwarf pun bs hibernasi. Penyebab hibrnasi: dehidrasi (kekurangan cairan, perubahan suhu yg ekstrem, terlalu dingin atau trlalu panas).

4. Bagaimana membedakan Mottled Ruby-Eyed (Mi) dan non Ruby-Eyed?

Jawab 
Sebelumnya harus dipahami dulu bahwa yang dimaksud Ruby-Eyed dalam konteks mottled di sini bukan  dalam pengertian "warna ruby (merah tua)". Perhatikan bahwa "Ruby-Eyed" ditulis dalam bentik past perfect di mana kata "eye" diberi akhiran "ed" menjadi "eyed".

Artinya, Ruby-Eyed di sini dalam pengertian non warna, atau pemahaman mengenai karakter mematikan (lethal) dari hamster bercorak yang membawa gen lethal.

Kenapa ada embel-embel kata "ruby" kalao tidak merujuk pada warna?  Itu lantaran adanya pancaran wqarna "ruby" atau merah tua yang muncul dari hamster bermata hitam. Pancaran warna itulah yang menjadi satu-satunya pertanda fisik bahwa hamster tersebut  membawa gen lethal. Pencaran warna ini bisa dilihat menggunakan cahaya senter.

Dengan kata lain, kita tidak bisa memastikan apakah sekor hamster berciorak mottled membawa gen lethal jika warna mata bawaannya adalah merah dan ruby (Mottled Dove, Mottled BF, Mottled Lilac, Mottled Argente, dan termasuk albino yang masking mottled ). Ciri fisik ini baru bisa terlihat pada hamster bercorak mottled dengan bawaan mata hitam (Mottled black, mottled Blue, Mottled Normal, Mottled Opal, dst)

Yang terang, mengawinkan dua Ruby-Eyed Mottled Campbell, baik disadari mauopun tidak disadari, akan menghasilkan anakan eyeless-tootless, terkadang hanya eyeless, dan juga bisa menghasilkan anakan putih polos mata hitam dengan kondisi eyeless-toothless.  


5. Kenapa ya hamster saya setiap mau saya pegang selalu gigit? 

Jawab : 
Hamster memliki daerah teritorial sendiri-sendiri.hamster akan agresif jika ada benda asing yang masuk ke daerah nya.Hamster yang sedang hamil dan menyusui memiliki sifat yang lenih agresif semata-mata untuk melindungi anak-anak nya.

Perlu di ingat juga,hamster menjadi mangsa di alam bebas sana.itu juga bisa di jadikan kenapa alasan kenapa hamster selalu beraktifitas malam hari (Nocturnal) untuk menghindari pemangsa dan juga kenapa hamster selalu agresif pada benda asing yang memasuki wilayah nya.

setiap jenis hamster memilki sifat dan karakteristik yang berbeda.Campbell bisa di bilang memiliki pembawaan sifat yang defensive, Winter White meiliki pembawaan sifat yang lebih tenang, Roborovski memilki sifat yang lincah (gesit lah), Syrian memiliki sifat yang agresif (kalo menurut saya). Untuk karakter hamster bisa di bentuk dari kecil, apakah hamster tersebut akan menjadi hamster yang galak atau yang ramah, itu semua kembali ke kita semua yang merawat nya. tapi jika kita membeli hamster dengan karakteristik yang agak nakal, bisa di rubah dengan membiasakan nya mengajak main, lama kelamaan si hamster akan terbiasa dengan bau tangan kita.

0 Comment:

Post a Comment

 
Top