Phodopus Campbelli pertama kali diketemukan oleh W.C Campbell antara tahun 1902-1905 di daerah Tuva, yakni suatu daerah perbatasan antara Mongolia dan Rusia. Pertama kali mereka dianggap sebagai subspesies dari Winter White (Phodopus Sungorus) karena kemiripannya. Hamster Campbell hidup di daerah sekitar pegunungan Altai, Tuva, Mongolia Utara, China Utara dan Manchuria.

                              
                 Pegunungan Altai                                                              Dataran Tuva


Peta Region Altai, Tuva dan Mongolia

Seorang Ilmuwan yang bernama Helen E. Pogosianz dari Moscow, mengenalkan hamster Campbell ke dunia ilmiah. Pada tahun 1965 dia memulai dengan  2 ekor jantan dan seekor betina f3 keturunan dari hamster Campbell liar yang ditangkap langsung di daerah Tuva, Siberia. Mereka diteliti di Royal Holloway College of the Insitute for Gamaleya Epidemiology and Microbiology. Pada tahun 1979 munculah mutasi dengan warna mata merah terang yang kita kenal sekarang sebagai Campbell Argente.

Sejak tahun 1982,para ilmuwan peneliti tidak lagi menyatakan bahwa Campbell ini merupakan subspesies dari Winter White. Hal ini berdasarkan penelitian mereka yang dimulai dari tahun 1967 di Rusia yang menemukan bahwa terdapat perbedaan besar antara kromosom Campbell dan Winter White. Bentuk dari koromosom Y antara Campbell dan Winter White berbeda bentuk dan posisinya. Kromosom X betina juga berbeda. Penelitian juga membuktikan bahwa Campbell betina memiliki 2 kromosom X.






                                
                          Altai                                                                                   Mongolia

                                
                         Altai                                                                                   Mongolia

                                
                         Altai                                                                                   Mongolia


                                

           50% Altai 50% Mongolia                                                    50% Altai 50% Mongolia

  Perbedaan Jika kita perhatikan dengan seksama  foto di atas, kita bisa melihat perbedaan besar antara hamster Campbell dari Mongolia dan Altai. Bentuk telinga versi Mongolia seperti yang kita lihat pada Winter White: ada lipatan jelas dalam telinga dan dan agak tertutup. Pada versi Altai hampir tidak ada lipatan di telinga dan telinganya berdiri tegak.

Ekor dari versi Mongolia lebih pendek dari versi Altai. Panjang bulu-bulu pada Campbell Mongolia tidak seterbuka hamster Campbell dari Altai.

Pada hamster Campbell Mongolia bulu berwaran agak coklat dan memiliki banyak tones  kuning.

Nah, bisakah kita coba untuk mengidentifikasi hamster2 Campbell kita? Apakah tipe Altai, Mongolia atau perpaduannya?

Selamat mengidentifikasi :

1 Comment:

  1. jadi campbell yang dijual di indonesia itu yang dari altai atau dari mongolia?

    ReplyDelete

 
Top