Teman-teman Pembaca Setia Jsp Simple, sebagian besar dari kita sudah paham penamaan warna coating pada hamster. Tapi mungkin tak banyak dari kita yang memahami apa sebetulnya pengertian di balik nama-nama warna itu.

JIka, misalnya, warna Grey, Yellow, White, Black, dan warna yag umum kita sudah kenal, mungkin tak ada maasalah. Tapi ada sejumlah nama dan corak warna yang belum tentu dipahami oleh semua orang.


Misal, Argente, Blue, Lilac, Beige, Champagne, atau Fawn pada Campbell. Apa sih warna Lilac itu? Seperti apa sih warna Fawn itu? Atau Roan, Dingy, Rust, Copper, Champagne, Cinnamon, Tortoishell pada Syria. Lalu Violet, Sapphire, atau Argente pada WW/Hibrid.

Sebetulnya, penamaan warna pada hewan, termasuk hamster, banyak meniru penamaan warna pada dunia fashion. Tidak mengikuti penamaan warna secara umum. Misal, warna keunguan bukan dinamakan "Purple" atau "Light Purple", melainkan Lilac. Atau warna abu-abu kebiruan, atau warna biru baja, tidak dinamakan "Grey" melainkan Blue. Atau juga warna kuning kecoklatan mendekati oranye tidak disebut "Yellow" atau "Orange" melainkan Argente.

Nah di bawah ini adalah sedikit defenisi mengenai penamaan warna pada spesies hamster peliharaan, khususnya warna-warna yang tidak umum dikenal:

CAMPBELL
  Agouti = Warna sekaligus pola alamiah. Di bagian perutnya berwarna putih pucat hingga warna krem. Warna bagian atas badan terdiri dari 2-3 warna (coklat, hitam, oranye) dengan ujung bulu di punggung berwarna hitam (black tipping). Kemudian terdapat tiga garis (dorsal), garis/dorsal tengah  berwara hitam, di bagian kiri dan kanan membentuk pola arches (melengkung) berwarna oranye.


Argente = Secara umum diartikan warna oranye. Tubuh bagian bawah berwarna kuning gading tanpa tipping color. GAris dorsalnya berwarna coklat.


Opal = Selain diartikan sebagai salah satu jenis batu mulia, opal pada hamster diartikan sebagai warna smoky gray, atau abu-abu yang tampajk seperti "berasap" dengan ujung builu bewrwarna blue (kebiruan), dengan warna akar bulu abu-abu lembut. Wrn perutnya putih pucat, sementara warna dorsalnya abu-abu gelap.


Beige = Ini kerap digunakan dalam dunia fashion dan interior. Pada hamster, Beige berarti warna ginger (Ginger = antara oranye dan coklat, warna jahe) yang agak pucat, atau warna coklat oranye pucat. Warna dorsalnya sendiri coklat.


Fawn = Ini bisa beragam makna. Bisa berarti anak rusa, atau rusa betina. Dari warna anak rusa/rusa betina inilah, diperkenalkan warna Fawn yang digunakan pada hewan. Fawn umumnya berarti light yellowish brown, atau coklat muda kekuningan.


Blue = Pada hamster, Blue diartikan warna abu-abu kebiruan seperti warna baja.


Dove = Abu-abu kecoklatan.


Lilac = Warna ungu muda atau ungu pucat nyaris abu-abu. Warna diambil dari warna bunga Lilac.


Champagne = Champagne secara warna berarti warna oranye pucat kekuningan yang mendekati warna Beige. Penamaan warna ini diambil dari warna minuman sampanye.


Blue Fawn = Merupakan perpaduan warna Blue dan Fawn, sehingga menjadi warna soft ginger (Ginger = antara oranye dan coklat, warna jahe), dengan akar bulunya berwarna abu-abu kebiruan, dan ujung bulunya berwarna Blue.


Blue Beige = Merupakan warna Beige (coklat pucat kekuningan), dengan akar bulunya berwarna abu-abu, dan ujung bulunya berwarna Blue.


Lilac Fawn = pada hamster, ini berarti warna Light Dull Ginger, atau warna jahe yg pudar dan agak cerah, dengan akar bulu berwarna abu-abu kebiruan sehingga terkesan lebih gelap dari Blue Fawn. Dorsalnya sendiri berwarna abu-abu muda kebiruan.



SYRIAN

Agouti = Berbeda dengan Campbell dan WW yang warna Agotuinya mirip, Agouti pada Syrian berwarna cokelat keemasan dengan perut kuning gading hingga ke baah pipi, sedangkan warna pipi coklat tua.


Golden  = Ini sama dengan Agouti.Normal/Wild Color

Cinnamon = Warna jahe terang, atau coklat mengarah oranye, dengan akar bulu warna biru, perut kuning gading, dengan warna bulu di pipi coklat.


Dark Grey = Warna abu-abu dengan akar bulu abu-abu tua, perut kuning gading, warna pipi hitam.

Light Grey = Warna abu-abu terang dengan akar bulu abu-abu gelap, perut kuning gading, dan warna bulu di pipi abu-abu gelap.

Rust = Rust adalah paduan warna red-brown-orange. Pada Syria berarti bulu berwarna coklat mengarah ginger, dengan akar bulu abu-abu, perut kuning gadng, pipi coklat.

Silver Grey = Warna abu-abu keperakan, dengan akar bulu abu-abu sedang, warna muka kuning gading, pipi abu-abu.

Yellow = Berwarna kuning dengan warna "uban" hitam, akar bulu krem, perut kuning gading, pipi hitam.

Beige = Beige serupa dengan makna pewarnaan pada Campbell, namun pada syria akar bulunya abu-abu, perut kuning gading, pipi abu-abu kecoklatan.

Honey = Sesuai artinya, mirip warna madu (Honey) namun lebih pucat, akar bulu agak krem, perut kuning gaing, pipi warna ginger (kuning jahe).

Blonde = Sesuai namanya (Blonde), mirip warna rambut blonde namun lebih pudar/pucat, akar bulu abu-abu, perut kuning gading, pipi abu-abu cerah, moncong agak krem.

Light Grey Pearl = Berwarna krem yang pucat dan pudar dengan ujung bulu coklat, akar bulu krem, perut kuning gading, ujung bulu di pipi berwarna coklat.

Lilac = Serupa pada Campbell, namun pada Syria lebih berwarna lilac pucat keabu-abuan, dengan akar bulu abu-abu sedang, perut kuning gading, pipi abu-abu.

Ivory = Seusia namanya, berwarna kuning gading.

Mink = Secara umum, warna hewan mink adalah coklat tua mendekati hitam dengan warna putih di dada. Pada Syrian, berwarna coklat agak oranye.

Blue Mink = Berwarna coklat keunguan, akar bulu krem.

Sable = Sable adalah warna coklat nyaris hitam. Pada syria, merupakan warna coklat susu dengan akar bulu krem.

Copper = Warna tembaga cerah, dengan akar bulu krem.

Dove = Serupa pda Campbell.

Cream = Krem

Tortoiseshell = Ini lebih merupakan warna pola, di mana warna kuning berpadu dengan warna lain.

Roan = Warna ini banyak ditemukan pada hewan lain, terutama kuda dan anjing. Didefenisikan sebagai perpaduan warna putih (seolah uban) dengan warna lain yang solid.

Dingy = warna kumal dan kotor, biasanya diikuti warna lain, misal dingy black.

Champagne = Serupa dengan Campbell


WINTER WHITE dan HIBRID
  Bersambung....

0 Comment:

Post a Comment

 
Top