Informasi dan pembahasan seputar "fenomena" ini sebetulnya sudah pernah di bahas hampir setahun yang lalu di grup HFG-Friends. Ketika itu nyaris belum ada forum hamster di Facebook, dan pemain hamster pun masih jarang yang mendiskusikan hal-hal seputar hamster di Facebook.

Rasanya topik mengenai "Fenomena" hamster akrobatik jago salto penting untuk dibahas kembali, khususnya untuk temen-teman yang belum well informed.


Banyak pemain hamster pemula yang merasa bangga dengan hamsternya yang katanya jago salto. Ada yang ngegombal katanya hasil latihan berbulan-bulan, ada yang bilang memamg sudah bakat sejak lahir, cuma dipoles aja bakat itu dengan tidak memberikan kincir biar makin sering dan makin jago saltonya... hmmm penalaran yg menyedihkan...!

Padahal... kalo tuh hamster bisa bicara, dia akan menceritakan betapa berat penderitaan yang dia alami. HAmster salto ini, begitu juga dengan beberapa perilaku dan 'bakat' aneh lainnya, sebetulnya tak terkontrol atau tak dikendalikan oleh si hamster. Ini ibarat penyakit Parkinson dan Huntington yang menimpa manusia.

Dalam dunia perhamsteran, dikenal yang dinamakan Backflipping, Pacing, Circling, Spinning, danHeadtilt. Kecuali headtilt, semua merupakan gejala atau akibat dari situasi terjadinya sebuah kelainan saraf yang diyakini kuat akan menurun pada anak-anaknya.


Backflipping atau salto. Awalnya, hamster berdiri tapi selalu jatuh ke belakang. Makin dewasa, "kemampuan"-nya makin hebat. Ia sudah bisa salto namun masih jatuh dengan punggung. Seiring waktu, ia sudah bisa salto namun perlu ancang-ancang dengan berlari beberapa langkah ke tempat ynag lebih tinggi (gundukan serbuk). Pada stadium tinggi, si jago "akrobat" bisa salto dari posisi berdiri diam.

http://www.facebook.com/photo.php?v=1385350641584&set=o.117023438347040&type=3
Sumber Video: Hammysworld

Kelainan ini umumnya terjadi pada spesies Campbell, dan lebih sering menimpa Mottled Campbell. Kelainan ini tidak terlihat pada usia di bawah 2 bulan. Umumnya baru muncul pada usia 2-4 bulan dan berlangsung terus sampai akhir hayat.

Pacing. Ini ditandai dengan hamster berlari ke kiri dan kanan, atau ke depan dan ke belakang, dalam jarak lebih kurang 10-15 cm bolak balik. Gejala ini juga kerap dialami Campbell, namun tidak khusus pada Mottled melainkan semua varian corak.

http://www.youtube.com/watch?v=MBnHauv1kX0
Sumber: Youtube

- Circling atau lap running. Ditandai dengan hamster berlari konstant berputar mengitari kandang. Diameter putarannya sesuai besar kandang. Gejala diketahui menimpa Campbell dan Syrian.
http://www.hammysworld.com/sitevideos/circling/circling.html
Sumber: Hammysworld

Spinning atau Waltzing. Yang ini mirip dengan Circling/lap running, namun diameter putarannya jauh lebih kecil, bahkan pada stadium tinggi, si hamster malah berputar pada poros, atau berputar di tempat. Khusus Spinning, sejauh ini hanya ditemukan pada Roborovski, dan spesifik pada White Faced. Belum diketahui apakah ini berkaitan dengan gen White Faced atau bukan, yang jelas para ahli memperkirakan ini akibat inbreeding Whitefaced yang terlalu jauh.

0 Comment:

Post a Comment

 
Top