Kayanya asik nih kalo kita diskusi dengan tema yang sederhana,mungkin dari temen-temen semua punya pengalaman atau pengetahuan dengan tema kali ini..ok kita ke bawah aja langsung

Kalo ngomongin  memelihara hamster,pasti lah harus pakai alas atau bediing,betul betul? Hehe
yang akan saya diskusikan di sini pastinya tentang hal tersebut mulai dari yang saya alamin dan dari berbagai sumber..(bisa di tambahkan juga kok kalo temen-temen punya pengalaman atau refrensi juga,ok :D)


pertama kita segarkan lagi ingatan kita ke alam yang luas di sana, di alam liar pun hamster pasti punya rumah dan pasti di dalam rumah itu ada alas untuk penghangat atau alas tidur,biasanya pakai bahan yang tersedia di alam juga dong,kaya : alang-alang, rumput kering, dll..
Tapi bukan berarti itu harus jadi patokan buat kita dong, karena kan udah banyak yang melakukan riset dan pengetahuan yang berkembang  tentang alas hamster ini.Ternyata,di balik alas yang sederhana ini punya banyak keuntungan dan kekurangan dari setiap jenis beddingnya..
Nah kan kalo di alam mereka menyediakan sendiri nh untuk sarang nya,,terus kalo kita yang pelihara kan dia gk bisa nyari,jadi harus kita dong yang sediain..

yang biasanya di gunakan seperti :

  • serutan kayu
  • pasir zeolit
  • tissue
  • kertas


Serutan kayu

kayanya ini yang jadi paling popular untuk jadi alas si hamster..harga nya terbilang murah (sekitar 3rb-5rb/kantong) tapi untuk yang import itu harga nya jauh dari yang local..,dan bagus buat nyerap air kencing hamster,biar gk bau...
bukan itu aja guys,,ternyata manfaatnya juga jempol,karena serutan kayu mempunyai kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri,dan dapat membunuh atau memperlambat penyebaran kutu.
tapi hati-hati juga nh dengan bahan serutan kayu,karena kayu yang di gunakan untuk membuat serutan kayu ini justru banyak merugikan bagi hamster dan kebanyakan hamster alergi.seperti kayu cedar dan pinus.

kita kenalin dlu deh jenis kayu yang biasa di gunakan untuk bahan bedding..

pertama kita kenal dengan cedar/cemara…


kayu yang ini kurang tepat untuk di jadikan bediing guys,,karena kandungan nya yang bebahaya..

kayu ini mengandung plicatic acid,di dalam nya ada yang namanya phenol..ada yang tw phenol sebelumnya?
yups,phenol biasanya di gunakan sebagai pengharum ruangan, obat pel (kaya carbol), dan desinfectan..
jelas bahaya kalo di gunakan terus menerus,,pada manusia yang kalo terlalu sering nyium bau ini bisa kena asma,infeksi pernafasan dan alergi,kulit merah-merah..
bahaya yang di alamin hamster lebih bahaya karena memiliki penciuman yang jauh lebih tajam,,coba bayangin apa bakal terjadi sama hamster kita? L
pada kayu red cedar lebih tinggi kandungannya..


yang kedua itu pine :  serbuk kayu karungan (jati belanda) dan serbuk kayu lokal yang putih,dan merk lain..


jati Belanda = guazuma ulmifolia



sebener nya pada kayu pine ada asam abietic dan juga terdapat kandungan phenol..
bahaya juga dong??
Gk terlalu bahaya seperti cedar, karena kandungan phenol nya gk setinggi cedar..tapi kita harus tetap hati-hati atas dampak yang di akibatkan..
Terus pake yang mana dong??
Sedikit tambahan guys,untuk menghilangkan kadar air yang ada di kayu cedar dan pine biasanya di gunakan 2 cara, yaitu : aired dried dan klin dried
Aired dried : seusai namanya aired yaitu dengan cara di angin-anginkan. serutan kayu  di angin-angikan untuk mengilangkan kadar air dan phenol..
Klin dried : cara ini terbilang lebih bagus di banding aired dried.karena, serutan kayu di masukan ke dalam sebuah ruangan dan di panaskan dengan suhu yang telah di atur.jadi lebih intensif untuk menghilangkan kadar air dan phenol..
Tapi untuk kayu cedar tetap gk banyak pengaruh untuk cedar,karena kandungan nya yang tinggi..tapi kalo di pine bisa hilang dengan cara klin dried.
Kebanyakan di Indonesia masih menggunakan Aired dried,jadi kita harus menjemur lagi biar kandungan nya berkurang atau hilang..biasanya 2-3 hari cukup kok..

Nah kalo udah gini kita bisa milih deh mana yang baik..

Alangkah baiknya guys, ganti serbuk kayu secara berkala. Misalkan 4 -5 hari untuk menghindari makanan yang sudah tidak baik lagi untuk di konsumsi dan untuk mengindari bakteri jahat yang berkembang..


Pasir Zeolit


 Bedding yang satu ini juga gk kalah popular kok,karena dapat menghaluskan bulu si hamster jadi tambah cakep dan meyerap air kencing hamster.kalo di bilang hemat kayanya ini yang paling hemat,soalnya bisa di cuci berkali-kali (hemat bebz)cara cuci nya dengan merendam pasir zeolit sampai kotoran nya mengambang dan buang air sampai bersih terus di ulang sampai bersih,kemudian di jemur sampai kering.

Sebenarnya pasir zeolit kurang tepat untuk di jadikan alas penuh,karena kurang bisa menjadi sarang untuk hamster,kurang baik dalam menyerap air dan tempat hiding (persembunyian),dan juga pasir zeolit dapat menyimpan panas.

hamster memliki insting untuk membuang kotoran dan kencing nya di pasir zeolit. Jangan kaget dan heran kenapa hamster memakan atau mencicipi pasir zeolit. Karena di dunia peternakan di gunakan sebagai imbuh untuk pakan ternak (meskipun masih di pelajari sampai sekarang).ini juga gpp kalo di makan karena saluran pencernaanya beda..
Yang bahaya justru kalo debu-debu halus nya masuk ke hidung si hamster..

banyak ukuran dari pasir zeolit,mulai dari zeolit No.0 – No.5.yang biasa di gunaka untuk hamster adalah zeolit No.2 dan No.3




Tissue

pasti jarang yang gunain yang 1 ini untuk bedding,gk umum juga sh,hehe.tapi kalo buat sehari-hari ini bisa kok. Ini juga bisa pas di gunakan lahiran tapi kalo keadaan darurat yang hanya ada pasir zeolit di dalem kandang..Tapi menurut saya ini perpaduan yang gk bagus untuk hamster yang mengandung-melahirkan-sapih,karena kemungkinan anaknya hidup terbilang minim (saya pernah nyoba beberapa kali) Caranya bebrapa lembar tissue di sobek-sobek menjadi beberapa bagian..tissue yang agak kasar lebih bagus..
Murah ko.. Rp.2.000, namun bedding ini kurang bagus karena daya serap air nya yang gk bagus seprti serutan kayu. kalo tissue udah nyerap air bentuk nya berubah jadi mengkerut,jadi  sedikit banget. Terus zeolit yang menyerap air kencing induk yang hamil-melahirkan-sapih itu gk intensif seperti serutan kayu..jadi dalam posisi basah terus tuh zeolit..


Kertas

Ini penggunaanya sama kaya tissue pas keadaan darurat aja.banyak kok say liat temen-temen lewat foto yang lagi menyusui menggunakan kertas..
Tapi sebaiknya pake kertas yang gk ada tinta nya..beda dengan tissue kalo kertas pas nyerap air gk akan mengkerut..
cara pakainya sama kaya tissue.

Bedding juga berperan penting dalam masa perkembang biakan..
Kalo yang ini sebenernya hasil saya ngamatin aja,tapi kalo temen-temen punya pengalaman dan referensi juga boleh di tambah..
Kadang banyak yang bingung,
kok ankan hamster saya mati ya pas abis dilahirin??
Beberapa kasus yang mati itu dari pas di lahirin memang sudah mati,kondisi pas di lahirin lemah atau si induk gk menyusui..
Kalo induk gk menyusui guys,menurut saya bisa karena beberapa alasan :
-          Karakteristik si induk yang emang cuek aja
-          Adaptasi
Kita di sini kita diskusikan tentang yang Adaptasi ya..
Semua makhluk hidup pasti butuh adaptasi,,betul?mereka menyesuaikan diri dengan tempat tinggal nya..
Pernah merhatiin hamster yang abis dig anti bedding nya?
pasti si hamster bingung dengan bedding baru nya..entah dy lari-larian,ngusrek-ngusrek bedding nya, dll.biasanya untuk adaptasi butuh sekitar 1-2 hari..
ada fakta menrik guys tentang hamster, ternyata hamster memiliki lebih mengandalkan penciuman di banding penglihatan buat kenalin sekitar nya..

denger cerita dan baca dari temen-temen abis dig anti bedding nya eh si hamster lahiran (seneng campur takut)..seneng,karan akhirnya yang di tunggu lahiran..


takut, karna  melihat adaptasi yang tadi..si hamster bingung dengan tempatnya yang baru dan gk kenal sekitarnya alhasil si anak gk di susuin,kececer kemana-mana,mati deh..

Tapi kemungkinan yang takut itu bisa gk terjadi kalo si induk baik dalam ngerawat hamster,walaupun yang saya alamin gk 100% survive..
Baiknya kalo udah keliatan hamil terus perutnya gede gk usah diganti bedding nya.. Dan kejadian ini biasanya terjadi pada serutan kayu..
Kalo misalkan gk ketauan perutnya gede gmna??
Kenali dulu guys cirri-ciri hamster hamil kalo perutnya gk terlalu besar..
- minum nya banyak..
- Kencing nya banyak
-makanya banyak..
- lebih aktif dan agresif

Umunya hamster yang lahiran hanya dengan pasir zeolit aja tu kecil bgt kemungkinan untuk anak nya hidup..karna si induk gk punya sarang untuk menghangatkan si anak..
Bisa di tambah dengan tissue tapi juga kemungkinan nya kecil..bebrapa kali saya menggunakan ini hasil nya dikit..
menggunakan tissue pada hamster melahirkan :

pertama..
pada saat hamil menggunakan bedding pasir zeolit dan tissue.lahir 5 ekor anak dan selang beberapa hari,satu persatu anak nya di makan 1 persatu hingga yang survive hanya 1..

kedua..

pada saat hamil menggunakan bedding pasir zeolit dan tissue.  Lahir 11 ekor anak,karena keadaan bedding yang selalu basah kemungkinan kondisi si anak menjadi lemah dan akhirnya mati 1 persatu hingga sisa 6 ekor..kemudian saya ganti bagian yang basah,yang di tumbuhi tumbuhan dari millet (kaya toge bentuknya),akhirnya anak nya survive 4 karena pas saya liha juga 2 anak udah basah kuyup gara-gara bediing sebelumnya..
hamster lahir tanpa menggunakan bedding serutan kayu dan hanya menggunakan pasir zeolit.kemudian di tambahkan dengan menggunkan tissue yang di sobek-sobek menjadi kecil. Anak yang lahir terhitung ada 4 ekor.
kalo kertas ini umum kok di gunain pas saat lahiran (saya belum pernah nyoba).tapi temen-temen yang lain banyak yang udah mencoba dengan ini

mohon koreksi nya dari temen-temen semua..>,<

1 Comment:

  1. untuk Bedding pasir zeolite itu beda dengan pasir untuk mandi? kalo boleh tau bedding psir dimana yah yg jual? tks

    ReplyDelete

 
Top